Beranda

Jumat, 04 November 2011

Bintang dengan Rupa Mirip Galaksi

Astronom menemukan bintang dengan rupa mirip galaksi, disebut SAO 206462 dan berjarak 400 tahu cahaya di konstelasi Lupus. Bintang tersebut ditemukan dengan teleskop Subaru yang ada di Mauna Kea, Hawaii.
SAO 206462 dikelilingi oleh piringan gas berdiameter 22,5 miliar kilometer. Gravitasi membuat piringan membentuk lengan spiral. Lengan spiral bukan hal yang baru, namun biasanya ditemukan pada galaksi.
Ini adalah kali pertama astronom menemukan adanya spiral pada bintang. John Wisniewski, si penemu bintang ini, merasa bangga dan kagum dengan hasil penelitiannya.
"Kita pertama kalinya menemukan dalam sistem yang berusia beberapa juta tahun, yang masih muda bagi sebuah bintang, piringannya mulai menunjukkan bentuk yang menarik," ungkap Wisniewski.
Dikutip Daily Mail hari ini (4/11/2011), Wisniewski menuturkan, "Kami sudah menemukan cincin, gap dan sekarang lengan spiral. Banyak struktur ini bisa disebabkan oleh planet yang bergerak di piringan."
Fenomena tersebut, menurut Wisniewski, bisa menjadi indikasi bahwa gas dan debris sedang mengalami pembentukan menjadi planet.

Goresan Hijau, Kmps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar