Beranda

Jumat, 30 Maret 2012

Pentingnya Etika Bagi Professional Bidang TI



Pentingnya Etika Bagi Professional Bidang TI

►►Pengertian Etika

Etika merupakan ilmu yang mempelajari perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia dan Profesionalisme adalah prilaku atau karakter yang menunjukkan adanya tanggung jawab moral. Secara Ilmu Etimologi, etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat masyarakat. Definisi Etika dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghin-dari hal-hal tindakan yang buruk. Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani adalah “Επαγγελια”, yang bermakna: “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanent

Sistem pengaturan pergaulan tersebut menjadi saling menghormati dan dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain. Maksud pedoman pergaulan tidak lain untuk menjaga kepentingan masing-masing yang terlibat agara mereka senang, tenang, tentram, terlindung tanpa merugikan kepentingannya serta terjamin agar perbuatannya yang tengah dijalankan sesuai dengan adat kebiasaan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan hak-hak asasi umumnya. Hal itulah yang mendasari tumbuh kembangnya etika di masyarakat kita. Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.

Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini :

- Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam
  berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
- Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah
  laku perbuatan manusia dipandang dari seg baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan
   oleh akal.
- Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai
  nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

►►Peran Etika dan Profesionalisme di Dunia IT
Perkembangan IT dalam era globalisasi cenderung sangat pesat. Dengan pekembangan tersebut diharapkan akan dapat membantu meningkatkan taraf hidup manusia dan memberikan kemudahan dalam melakukan banyak hal dalam kehidupan. Perkembangan ini harus berjalan beriringan dengan etika dan profesionalisme yang pengatur tata hidup. Banyak ahli berpendapat bahwa teknologi mengambil alih fungsi mental manusia, pada saat yang sama terjadi kerugian yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi tersebut dari kerja mental manusia. Perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma dalam kehidupannya.

►►Adapun Ciri-Ciri Seorang Profesional di Bidang IT adalah :
1. Memiliki pengetahuan yang tinggi di bidang TI
2. Memiliki ketrampilan yang tinggi di bidang TI
3. Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi
4. Tanggap thd masalah client, faham thd isyu-isyu etis serta tata nilai kilen-nya
5. Mampu melakukan pendekatan multidispliner
6. Mampu bekerja sama
7. Bekerja dibawah disiplin etika
8. Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat


►►Kode Etik dalam Dunia IT Mempunyai Beberapa Faktor Penting yaitu;
1. Publik Mementingkan kepentingan umum dan tidak melakukan penipuan seperti  manipulasi Data, membajakan software maupun info yang dilindungi oleh hak cipta.
2. Client dan karyawan loyalitas merupakan hal penting dilakukan untuk terbangunnya kerja sama yang baik antara atasan, karyawan dan client
3. Produk Memastikan produk yang terkait tidak melanggar hak cipta dan bermutu sehingga layak untuk di gunakan oleh konsumen.
4. Profesi  Meningkatkan integritas dan reputasi dari profesi mereka yang konsisten dengan kepentingan publik.
5. Mitra  kerja sama yang baik, tidak mementingkan diri sendiri dan mendukung rekan kerjanya.
6. Diri sendiri Selalu belajar hal-hal yang baru karena dalam dunia IT perkembangan sangat pesat dan membuka diri bila menerima saran maupun kritik.

Referensi :
http://blog.uin-malang.ac.id/ellie/2011/06/etika-dan-profesionalisme-bidang-it/
http://pyia.wordpress.com/2012/03/09/etika-dan-profesionalisme-tsi/
http://id.wikipedia.org/
http://hamisatimuftia.wordpress.com/2012/03/11/dasar-dasar-etika-dan-profesionalisme-tsi/

VN:F [1.6.8_931]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar